Mata kuliah Pendidikan Orang Dewasa (Adult Education) mengkaji konsep dan praktis Andragogi dalam penyelenggaraan pembelajaran. Mata kuliah ini memiliki cakupan materi tentang makna, prinsip, karakteristik, teori yang melandasi, prosedur, faktor yang mendukung serta fakta penyelenggaraan pembelajaran yang menggunakan pendekatan Pendidikan orang dewasa.

Dosen : Lenni Mantili Hutauruk, M.Ed.

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep profesi, syarat-syarat profesi, kode etik profesi, organisasi profesi, profesi pendidik dan tenaga kependidikan, kualifikasi dan kompetensi, jenis-jenis pendidik dan tenaga kependidikan, kode etik pendidik dan tenaga kependidikan, dalam matakuliah ini mahasiswa juga dituntut memahami 8 konsep keterampilan mengajar.

Dosen: Citra Dwi Palenti, M.Pd

Mata kuliah "Parenting Education" ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan praktis mengenai pendidikan keorangtuaan dalam konteks nonformal. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pendidikan keorangtuaan, memahami berbagai pola asuh dan dampaknya terhadap perkembangan anak, serta menguasai teknik komunikasi efektif antara orang tua dan anak. Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan untuk merancang dan mengimplementasikan program-program pendidikan keorangtuaan yang sesuai dengan kebutuhan komunitas, termasuk evaluasi dan monitoring program serta strategi pemberdayaan orang tua. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga nonformal dan masyarakat untuk mencapai hasil yang optimal dalam pendidikan keorangtuaan.

Matakuliah kepemimpinan pendidikan nonformal merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi pendidikan nonformal. Matakuliah ini membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan bidang pendidikan dan lembaga pendidikan nonformal di indonesia, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin- pemimpin pendidikan khususnya di satuan pendidikan nonformal Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, penugasan, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan pendidikan (memberikan briefing, memimpin rapat, menjalankan peran dalam forum seminar, diskusi dan praktek pengambilan keputusan) dan mengembangkan sikap kepemimpinan dan kreativitas. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam praktek.

Dosen Pengampu: Ari Putra, S.Pd., M.Pd.


 

Membahas tentang Pendidikan dan tantangan perubahan yang membutuhkan pendidikan sepanjang hayat, konsep – konsep dasar pendidikan seumur hidup, pendidikan seumur hidup dan ilmu jiwa, menilai pendidikan seumur hidup, belajar terus menurus seumur hidup, belajar di luar sekolah konvensional, implikasi terhadap konsep pendidikan seumur hidup, integrasi perkembangan sosial dan motivasi afektif, implikasi pendidikan seumur hidup pada kurikulum pelajar seumur hidup, kurikulum sekolah dalam setting pendidikan seumur hidup dan peranan pengajar, implikasi pendidikan seumur hidup terhadap kelas, tantangan dan kecaman, prosepek masa depan dan utopianisme sehingga mendukung bagi peranan dan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Luar Sekolah yang kompeten.

Dosen Pengampu: Lenni Mantili Hutauruk, S.Pd., M.Ed.

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik tentang pentingnya pembelajaran literasi; pembelajaran literasi yang efektif; strategi pembelajaran literasi; pengembangan program-program literasi; pengembangan media literasi, penilaian pembelajaran literasi. Proses pembelajaran berlangsung melalui pendekatan explorasi, elaborasi, dan konfirmasi; yang diimplementasikan melalui metode inquiry, diskusi, praktek kerja mandiri dan kelompok, dan reportasi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses (partisipasi dan keaktifan mahasiwa dalam kelas), portofolio mandiri dan kelompok, presentasi, hasil ujian tengah dan akhir semester dan kehadiran.

Dosen Pengampu: Dwi Ismawati, M.Pd.