Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran ini membahas tentang 1) Hakikat Evaluasi dan Asesmen; 2) Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran pada Anak Usia Dini; 3) Merancang Evaluasi; 4) Asesmen Otentik; 5) Penyusunan Asesmen Otentik; 6) Teknik Observasi; 7) Portofolio: Proses dan Produk; 8) Asesmen Kelas di PAUD; 9) Pelaporan Asesmen di PAUD

Dosen: Dwi Lyna Sari, M.Pd

Mata kuliah Bermain dan Permainan anak usia dini, mengkaji tentang konsep bermain dan permainan, meliputi  pengertian, tujuan, manfaat ;  tahapan, ragam, aktivitas, pengelolaan  bermain dan permainan,   karakteristik anak, dan  menerapkan kegiatan  bermain dan permainan sebagai strategi belajar bagi anak usia dini.


Pembelajaran studi sosial anak usia dini mencakup pengembangan muatan materi studi sosial yang bersumber dari berbagai referensi sebagai dasar kurikulum, proses pembelajaran, dan asessmen pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan studi sosial anak.

Dosen: Melia Eka Daryati, S.Pd., M.Pd.

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar berbasis IPTEK, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini.

Dosen Pengampu:

Septi Fitriana, M. Pd

Siyyella Tika Nasution, M. Pd

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, ruang lingkup pembelajaran, Metode pembelajaran, Keterampilan, pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, dan percobaan-percobaan sains untuk anak usia dini

Dosen Pengampu:

1. Dr. Nesna Agustriana, M.Pd

2. Dwi Lyna Sari, M.Pd

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar berbasis IPTEK, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan motorik halus anak usia dini.

Dosen Pengampu: 

1. Dwi Lyna Sari, M.Pd

2. Dr. Nesna Agustriana, M.Pd

Mata kuliah pengembangan kemampuan sosial emosional mengkaji tentang keterampilan-keterampilan yang seyogyanya dimiliki oleh guru dalam upayanya mengembangkan kompetensi sosial emosional anak usia dini, yang meliputi keterampilan untuk mengembangkan hubungan yang positif dengan anak, mendesain lingkungan sekolah yang dapat mendukung pengembangan kompetensi sosial emosional anak, mengajarkan keterampilan sosial dan pengendalian emosi anak, dan memberikan stimulasi pada anak yang teridentifikasi memiliki kompetensi sosial emosional yang belum optimal.

Dosen Pengampu: 

1. Dr. Nesna Agustriana, M.Pd

2. Dwi Lyna Sari, M.Pd